Thursday, June 4, 2009

Seluler Cerdas

Seluler Cerdas

Di tengah persaingan operator telekomunikasi seluler, PT Smart Telecom milik Grup Sinar Mas merupakan operator ponsel yang paling unik. Perusahaan yang menghadirkan produk merek Smart ini beroperasi pada frekuensi yang tidak lazim di 1.900 MHz yang berbeda dengan operator seluler lain pengguna teknologi CDMA, seperti Flexi, Esia, dan StarOne milik Indosat.

Keunikan lain, Smart Telecom adalah operator CDMA-2000 1X menggelar teknologi EVDO Rev-A yang setara dengan teknologi HSDPA pada sistem jaringan GSM 3G. Ini artinya, produk akses data Smart mampu memberikan kecepatan yang setara dan bahkan lebih cepat dibandingkan 3G di era akses mobile wireless broadband.

Konsekuensinya, pilihan ponsel pelanggan Smart menjadi terbatas terdiri dari enam ponsel buatan China, masing-masing ZTE dan Haier, tiga ponsel merek Nokia yang bisa digunakan pada frekuensi 1.900 MHz, serta ponsel merek lain yang khusus seperti Motorola Q yang memiliki kemampuan akses data EVDO Rev-A.

Keuntungannya, perilaku pindah-pindah operator (churn) seluler bagi Smart menjadi kecil sehingga bisa berharap memperoleh pelanggan lebih loyal di tengah persaingan perang harga sesama operator seluler.

Yang menarik, Smart sebenarnya memberikan akses data kecepatan tinggi yang setara dengan kemampuan HSDPA pada sistem 3G yang digelar tiga operator utama GSM dan mengalami persoalan karena kekurangan base station yang selalu penuh.

Salah satu modem EVDO Rev-A adalah Axesstel MV-140B (foto atas) yang mampu untuk mengakses berbagai data di jaringan internet sekitar 3 Mbps dengan kemampuan kecepatan upload sampai dengan sekitar 1 Mbps, bergantung kondisi base station.

Artinya, mereka yang tidak ingin terganggu akses jejaring internet untuk berbagai keperluan, terutama untuk keperluan bisnis, bisa mengandalkan akses jejaring berbasis CDMA-2000 ini, apalagi harganya terjangkau dibandingkan dengan layanan sejenis yang menggunakan teknologi berbeda.

Smart JUMP adalah layanan akses Wireless Internet Broadband berkecepatan tinggi sebagai jawaban atas trend permintaan pasar akan pemanfaatan dan penggunaan data via internet dalam komunikasi global yang terus meningkat. Layanan Smart JUMP menggunakan modem wireless CDMA (Code Division Multiple Access) contoh: Axesstel MV140B yang didukung teknologi terkini EVDO Rev-A. Teknologi ini baru pertama kali diterapkan di Indonesia sehingga pada peluncurannya tercatat di MURI ( Museum Rekor Dunia Indonesia ) dalam kategori "yang pertama" di Indonesia, sebagai "Operator Telekomunikasi CDMA Pertama Yang Meluncurkan Teknologi EV-DO (Evolution Data Only) Rev.A untuk Telekomunikasi Nirkabel Secara Komersial".

Kemampuan data koneksi Smart JUMP Wireless Internet Broadband ini sangat handal karena memiliki koneksi khusus yg terdedikasi untuk data, yang terpisah dari koneksi suara. Kecepatan akses download Smart JUMP mencapai 3.1 Mbps dan kecepatan uploadnya hingga 1.8 Mbps.

Dengan layanan Smart JUMP ini diharapkan para internet user dapat berkomunikasi kapan pun dan dimana pun mereka berada dengan akses berkecepatan tinggi (EVDO) di daerah JABODETABEK. Diluar JABODETABEK kecepatan yang didapat hanya CDMA 2000 1x.

JUMP mengeluarkan Paket Prabayar JUMP dan Paket Pascabayar JUMP.

Teknologi 3.5G CDMA yang digunakan Smart JUMP, umumnya digunakan untuk akses internet broadband, karena mampu menghasilkan koneksi data super cepat. Dengan kecepatan download hingga 3.1 Mbps dan upload hingga 1.8 Mbps, membuktikan bahwa 3.5G CDMA memiliki kemampuan hampir 5x lebih cepat dibandingkan teknologi 3.5G GSM dengan kemampuan upload sekitar 384 Kbps.

Kelebihan Teknologi 3.5G CDMATeknologi 3.5G CDMA yang digunakan Smart JUMP, umumnya digunakan untuk akses internet broadband, karena mampu menghasilkan koneksi data super cepat. Dengan kecepatan download hingga 3.1 Mbps dan upload hingga 1.8 Mbps, membuktikan bahwa 3.5G CDMA memiliki kemampuan hampir 5x lebih cepat dibandingkan teknologi 3.5G GSM dengan kemampuan upload sekitar 384 Kbps.

Wireless Broadband USB Modem
Modem Smart JUMP terdiri dari 2 warna, hitam dan putih yang dapat Anda sesuaikan dengan gaya Anda.

Spesifikasi Modem
  • Broadband Data maksimal 3,1 Mbps (download) dan 1,8 Mbps (upload)
  • Voice Calling and Text Messaging
  • Desktop or Laptop Compatible
  • Outlook Synchronization
  • Display to View Service Status
  • Battery Maximizes Power Transmission
  • Windows and Mac Compatible
Paket Smart JUMP Pascabayar

Paket Smart JUMP Prabayar


1 comment:

pameran komputer said...

mantap gan...gw juga pake kartu pinter ini ...