Monday, December 31, 2007

AMD Siapkan Prosesor Hemat Energi

Jumat, 27/07/2007 11:39 WIB
AMD Siapkan Prosesor Hemat Energi
Produsen prosesor Advanced Micro Devices (AMD) tengah mempersiapkan diri untuk memasuki pasar prosesor bertenaga rendah lewat 'Bobcat' dan 'Buldozer'.

Bobcat diklaim hanya akan mengkonsumsi energi listrik sebesar 1 sampai 10 Watt dan diperuntukkan bagi perangkat konsumer yang biasanya membutuhkan energi yang kecil seperti televisi digital, ultra mobile PC dam ponsel canggih.

Sementara untuk pasar komputer dekstop tradisional dan server, pesaing Intel ini telah menyiapkan 'Bulldozer' yang membutuhkan konsumsi listrik sebesar 10 - 100 Watt.

Pemilihan kedua nama produk tersebut terinspirasi dari peralatan konstruksi dan direncanakan baru akan dilempar ke pasar pada tahun 2009.

Menurut AMD, desain produk barunya ini memungkinkan perusahaan untuk lebih mengembangkan chip dari standart arsitektur sebelumnya dengan menambahkan beberapa komponen seperti controller memori dan prosesor grafik.

Para analis pasar pun memandang positif rencana pengembangan AMD ini, dan diharapkan dapat bersaing dengan penguasa pasar prosesor sekarang, Intel Corp. "Bobcat merupakan sesuatu hal yang hilang dari AMD sejak lama," komentar Jim McGregor, director analis Instat.

No comments: