Monday, December 31, 2007

'Buang' Intel, Toshiba Berpaling ke Chip AMD

Selasa, 29/05/2007 13:05 WIB
'Buang' Intel, Toshiba Berpaling ke Chip AMD

Toshiba akan segera mengakhiri hubungan eksklusifnya dengan Intel dan beralih ke chip AMD. Produsen laptop keempat terbesar di dunia itu menyatakan akan memakai prosesor AMD sebagai 'otak' di laptop besutannya.

Toshiba mengklaim akan mempersenjatai 20 persen notebooknya yang dijual di Amerika Serikat dan Eropa dengan prosesor besutan Advanced Micro Devices (AMD).

Langkah ini menyusul pengumuman yang dikeluarkan Dell Inc. tahun lalu, yang menyatakan akan mulai menggunakan chip AMD pada komputer besutannya.

"Seiring PC menjadi produk komoditas, tampaknya persaingan bisa saja terjadi di sisi part-procurement seperti prosesor, selama tidak ada perbedaan mencolok di sisi spesifikasi produk," kata analis Macquarie Securities, Yoshihiro Shimada.

Hal ini, lanjut Shimada, bisa jadi merupakan sinyal bahwa era Intel sebagai raja chip PC sudah berakhir.

Juru bicara Toshiba, Yuko Sugahara, mengatakan Toshiba akan memasang chip AMD pada laptopnya yang berharga sedang yang ditujukan untuk klien korporat dan perorangan. Belum diketahui pasti model laptop yang dimaksud.

Sementara itu harian bisnis Nikkei melaporkan, Toshiba akan memasang chip AMD pada beberapa model laptopnya yang akan dilepas dalam waktu dekat ini. Penggunaan chip AMD pada laptop itu disebut-sebut bisa mengurangi biaya parts-procurement yang dikeluarkan Toshiba sedikitnya 10 persen.

No comments: