Monday, December 31, 2007

AMD Umumkan Chip Opteron Empat Otak

Senin, 02/07/2007 12:18 WIB
AMD Umumkan Chip Opteron Empat Otak
Setelah tertunda beberapa lama, AMD akhirnya mengumumkan peluncuran prosesor server Opteron Quad Core. Prosesor yang bernama kode 'Barcelona' itu sedianya akan segera diluncurkan tahun ini. Chip tersebut diharapkan mampu memulihkan kondisi finansial AMD sekaligus untuk bersaing dengan rivalnya, Intel.

Barcelona diklaim AMD sebagai prosesor x86 pertama di dunia yang mengintegrasikan empat prosesor dalam sebuah silikon. Barcelona akan tersedia pada frekuensi sekitar 2 Ghz. Sebelumnya frekuensi chip tersebut diharapkan mencapai 2,5 Ghz.

Martin Reynolds, analis perusahaan penelitian Gartner mengatakan bahwa penurunan kecepatan ini dilakukan untuk memenuhi target peluncuran.

"Sebenarnya, mereka ingin melampaui kecepatan prosesor kompetitornya dari Intel, Clovertown," imbuhnya. Clovertown sendiri mempunyai frekuensi 2,6 sampai 3Ghz.

Perbedaan ini, katanya, bukanlah masalah besar. "AMD tak akan memimpin, namun chip miliknya secara umum akan lebih efisien dalam kecepatan yang lebih rendah,"tuturnya.

AMD memperkirakan bahwa performa prosesor Barcelona akan meningkat sampai 70 persen untuk beberapa aplikasi database daripada prosesor dual core sebelumnya. Perbedaan dari Intel yang coba ditonjolkan AMD adalah fitur Direct ConnectArchitecture yang diklaim AMD menjanjikan bandwith yang lebih kencang ketimbang arsitektur front-side bus yang dipakai Intel. AMD juga menambahkan teknologi yang disebut dengan PowerNow yang lebih hemat energi.

Salah satu perusahaan besar, Sun Microsystems telah memamerkan superkomputer yang disebutsebagai Constellation System yang menggunakan sebanyak 15.000 chip AMD quad coretersebut dalam instalasi pertamanya sebagai sebuah uji coba.

Versi standar maupun versi hemat energi akan tersedia dalam peluncuran chip baru AMD yang akan dimulai Agustus mendatang. Sementara, sistem pendukung dari mitra mereka mungkin akan diluncurkan sebulan berikutnya.

Mengenai harga, AMD belum mau membeberkan berapa harga penjualan chip Barcelona itu.

No comments: