Monday, December 31, 2007

AMD Rilis Spider

AMD Rilis Spider
Rabu, 21/11/2007
PLATFORMAMD Spider diklaim mampu menyajikan kinerja setara empat GPU yang dijadikan satu. Spider juga menjanjikan penghematan energi komputasi.
Produsen microchip terbesar kedua dunia Advanced Micro Devices Inc (AMD) merilis platform baru. Bernama sandi Spider, platform tersebut ditujukan untuk PC (personal computer) desktop. AMD mengklaim, Spider adalah platform yang memungkinkan PC menampilkan grafik definisi tinggi (HD).
”AMD merupakan satu-satunya perusahaan yang berkomitmen menyajikan pengalaman visual terbaik di seluruh layar yang dimiliki pengguna,” tutur President & COO Advanced Micro Devices Inc Dirk Meyer.
Sebuah platform PC adalah kombinasi prosesor (CPU – central processing unit), prosesor grafik (GPU), chipset. Para produsen prosesor semakin agresif menawarkan produk dalam paket platform karena platform menjanjikan keuntungan lebih besar daripada prosesor semata. Seperti dalam industri prosesor, dalam industri platform AMD bersaing dengan produsen microchip terbesar dunia Intel Corp.
Platform PC Intel yang populer antara lain platform komputasi bergerak Centrino, platform komputasi bisnis vPro, dan platform komputasi hiburan Viiv. Dalam industri platform, AMD Spider berhadapan langsung dengan Intel Viiv yang sudah jauh lebih dulu hadir di pasar.
Namun,AMD rupanya tidak gentar. Penyebabnya, Spider memiliki teknologi yang tidak dimiliki platform Intel. Jantung platform Spider adalah prosesor true quad-core (empat inti komputasi asli) baru AMD Phenom. Intel belum memasarkan prosesor seperti itu
. Prosesor quad-core Intel yang ada di pasar saat ini bukan native karena hanya merupakan dua keping prosesor dualcore (dua inti komputasi) yang dijadikan satu.
Prosesor native quad-core dinilai berkinerja lebih tinggi dan lebih hemat daya karena lebih minim penyumbatan (bottleneck). Intel diperkirakan baru bisa merilis prosesor native quad-core pada awal atau pertengahan tahun depan. Di samping prosesor Phenom, komponen lain yang mem- bangun Spider adalah empat GPU ATI Radeon HD 3800 Series.
GPU tersebut menjanjikan kemampuan dahsyat dalam menampilkan grafik definisi tinggi karena mendukung software grafik terbaru Microsoft DirectX 10.1. Adapun chipset yang digunakan Spider adalah chipset terbaru AMD 7-Series. Chipset tersebut dilengkapi software ATI CrossFireX dan AMD Over- Drive. Chipset tersebut menawarkan akselerasi kinerja komputasi karena mampu membagi beban pemrosesan di antara CPU dan GPU.
”Platform AMD Spider merupakan simbol pendekatan kami dalam menyajikan inovasi platform dan menyuguhkan pengalaman komputasi yang lebih kaya fitur dan canggih. Namun, kami juga tidak melupakan efisiensi konsumsi energi pada platform tersebut,” papar Meyer.
Sedemikian dahsyat kinerja grafik Spider, hingga AMD mengklaim bahwa satu buah platform spider mampu menyajikan kinerja grafik yang sama atau bahkan lebih daripada kinerja grafik empat GPU yang dijadikan satu dalam sebuah sistem.AMD bahkan menyebut PC berplatform Spider sebagai superkomputer untuk game.
”Penyatuan empat GPU ke dalam sebuah sistem merupakan impian para gamer. Namun, penyatuan empat GPU ke dalam sebuah sistem merupakan mimpi buruk bagi pembangun sistem karena sangat sukar mengatur aliran udara pendingin secara merata ke seluruh GPU,” tutur President Falcon Northwest Kelt Reeves.
Reeves mengungkapkan,dengan platform Spider, seorang maniak game tidak perlu lagi menggabungkan sendiri empat GPU ke dalam sistem karena Spider mampu menyajikan kinerja yang dituntut dengan empat GPU yang tertanam di dalamnya. Reeves mengaku terkesan pada kinerja Spider.
”Desain platform Spider yang kohesif memungkinkan chipset AMD 7-Series, prosesor Phenom dan GPU ATI Radeon HD 3800 mendapatkan aliran udara pendingin maksimum. Karena itu, Spider bisa tetap bekerja dingin dan sunyi. Spider adalah solusi grafik multi- GPU yang mudah dibangun dan terjangkau,” kata Reeves. Tidak hanya pembangun sistem yang terkesan dengan kehadiran Spider.
Para produsen software juga menyambut gembira kehadiran platform tersebut. Tidak terkecuali produsen software terbesar dunia Microsoft Corp. ”AMD memiliki sejarah panmelengkapi jang dalam menyajikan inovasi hardware mengesankan yang memungkinkan pelanggan menikmati pengalaman baru dan memanfaatkan maksimal kemampuan produk-produk kami, termasuk sistem operasi Windows Vista,” tutur Corporate Vice President LIVE Software and Services Microsoft Corp John Schappert.
Vista adalah sistem operasi yang sangat kaya tampilan tiga dimensi (3D). Karena itu,Vista menuntut GPu berkinerja tinggi. Schappert menilai, kedahsyatan kinerja grafik Spider cocok untuk menampilkan maksimal grafik 3D pada Vista. Para analis menilai, kehadiran Spider mampu meningkatkan daya saing AMD dalam industri platform sekaligus memberikan pengalaman baru dan nilai tambah kepada pelanggan.
Dengan Spider, pengguna bisa menikmati komputasi grafik berkinerja tinggi yang hemat daya. ”Pada saat ini memang terjadi peningkatan permintaan kinerja multi-core (komputasi berinti banyak) dan pengalaman media HD. Platform seperti Spider adalah jawabannya karena berkinerja tinggi sekaligus hemat daya,” ungkap Senior Analyst Current Analysis West Toni Duboise.

No comments: