Monday, December 31, 2007

Dibanding Intel, Prosesor Empat Otak AMD Diklaim Lebih Kencang

Rabu, 16/05/2007 12:19 WIB
Dibanding IntelProsesor Empat Otak AMD Diklaim Lebih Kencang
AMD memperkenalkan jajaran prosesor empat otaknya (quad core) yang dijuluki dengan "Phenom". Prosesor ini ditujukan untuk PC desktop.

Phenom diklaim hemat energi. Selain menawarkan performa yang diklaim superior, Phenom dilengkapi DDR2 memory controller yang terintegrasi, link teknologi HyperTransport dan 128-bit Floating Point Units.

Sayang AMD enggan membeberkan detil spesifik lainnya termasuk soal kecepatan prosesor dan harga. AMD hanya mengklaim chip tersebut akan disandingkan untuk bisa bersaing dengan chip besutan Intel.

Manajer Produk AMD Athlon 64 FX, Ian McNaughton, mengungkapkan bahwa prosesor ini merupakan kunci strategi jika pengguna komputer menginginkan hasil yang lebih baik dalam menjalankan sistem operasi Windows Vista dan aplikasi multi-tasking.

Phenom sendiri akan ditawarkan dalam beragam versi, termasuk 'Phenom FX' versi high-end, 'Phenom X4' versi quad-core, 'Phenom X2' versi dual-core, 'Athlon X2', dan 'Sempron'. Prosesor 'Phenom FX' dan 'Phenom X4' akan diluncurkan pertengahan tahun ini, sedangkan 'Phenom X2' baru akan dikapalkan akhir tahun 2007.

Lebih Kencang

Menanggapi performa pemrosesan data, analis industri Nathan Brookwood yang juga pendiri perusahaan penelitian Insight 64 menyatakan bahwa chip AMD lebih kencang.

Menurut Brookwood, arsitektur prosesor empat otak AMD mampu memproses informasi dengan cepat satu sama lain, dibandingkan chip Intel yang harus menggunakan front-side bus untuk melewatkan data dari satu core ke core yang lain.

"Ibaratnya jika Anda mau berbicara dengan tetangga di gedung apartemen Anda, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah mengirimkan mereka surat," tuturnya menanggapi arsitektur Intel.

No comments: