Wednesday, April 16, 2008

Komando Kendali

Komando Kendali
Teknologi dan Kesadaran Situasional


Penggunaan komputer di lingkungan TNI untuk melakukan komando dan kendali menjadi pemandangan yang biasa dan dilakukan berbagai satuan di lingkungan TNI. Komputer sekarang menjadi perangkat penting dalam melaksanakan tugas di berbagai tingkat komandodi lingkungan TNI.

Di tengah situasi tidak menguntungkan globalisasi yang sedang ”sakit” menuju inflasi besar-besaran, harga minyak bumi yang membubung, serta bahan pangan menjadi komoditas para pialang saham, tidak ada pilihan untuk mengurangi anggaran belanja semua departemen di Indonesia, termasuk Departemen Pertahanan.

Dalam pengembangan untuk menjaga kesiapan pertahanan, rencana pemerintah mengurangi anggaran belanja pertahanan memang menjadi dilema tersendiri di tengah menuanya alat utama sistem persenjataan yang dimiliki TNI. Rencana pengetatan anggaran belanja di lingkungan TNI memerlukan upaya baru meningkatkan hubungan lintas-organisasi militer maupun peningkatan kolaborasi satuan-satuan TNI.

Tidak bisa dimungkiri, kekuatan TNI di masa depan akan sangat bergantung pada perkembangan teknologi komunikasi informasi. Kehadiran komando, kendali, intelijen, pengintaian, dan pengamatan (K3IPP) berubah menjadi K4IPP dengan menambahkan unsur komputer dan telekomunikasi sebagai bagian integral pertahanan kita.

Kemajuan teknologi komunikasi informasi memang telah mengubah perang masa akan datang dengan menghadirkan apa yang disebut sebagai perang asimetris. Perang militer konvensional yang dikenal sekarang ini sekarang berubah mengikuti berbagai macam konflik yang tidak melulu hanya mengandalkan kekuatan militer.

Perang dilakukan dalam bentuk-bentuk baru menghadirkan fenomena terorisme melibatkan rakyat biasa seperti yang terjadi pada serangan udara teroris terhadap menara kembar World Trade Center di New York, AS. Karena itu, kunci operasi militer sekarang juga menjadi meluas untuk bisa menghimpun, menganalisis, serta mengantisipasi informasi yang tersebar secara luas di mana-mana.

Kesadaran situasional

Penggunaan teknologi komunikasi informasi akan memberi para komandan di berbagai tingkatan spektrum yang lebih luas dengan pilihan komunikasi yang beragam, seperti teknologi Voice over IP (VoIP), pesan singkat komputer atau ponsel, chatting dalam melakukan koordinasi yang lebih melekat. Semua itu disajikan secara instan sesuai dengan kebutuhan.

Semua kemajuan teknologi komunikasi informasi yang sekarang kita gunakan sebenarnya adalah hasil penelitian, pengembangan, serta penggunaan di lingkungan militer yang dijadikan sebagai bagian integral dari kehidupan modern kita sehari-hari. Melalui kemajuan teknologi informasi, tatap muka koordinasi antarsatuan menjadi berwarna untuk memberikan suasana serta situasi lapangan secara lebih detail.

Kehadiran dan kemajuan teknologi komunikasi informasi di tengah perubahan globalisasi sekarang ini memang mengharuskan siapa saja, termasuk lingkungan militer, melakukan penyesuaian ataupun membentuk lingkungan operasional baru. Semua ini akan memberikan sebuah kesadaran situasional yang baru, sekaligus menjadikan para pengendali satuan militer memiliki superioritas informasi dalam menentukan pertahanan nasional kita. (rlp)

Penggunaan komputer di lingkungan TNI untuk melakukan komando dan kendali menjadi pemandangan yang biasa dan dilakukan berbagai satuan di lingkungan TNI. Komputer sekarang menjadi perangkat penting dalam melaksanakan tugas di berbagai tingkat komando di lingkungan TNI.

No comments: