Wednesday, April 16, 2008

Mesh Network

Memayungi Jakarta Melalui Teknologi "Mesh Network"
Perkembangan kota metropolitan seperti Jakarta memang memerlukan sebuah topografi jejaring baru untuk menyediakan jasa layanan multimedia di tengah kemajuan digital sekarang ini. Persoalan yang muncul adalah bagaimana menyebarkan sistem jejaring digital yang memadai dan memuaskan para pelanggan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggelar sistem disebut mesh network, menggunakan produk buatan Firetide HotPort 6000 yang mampu menghasilkan kecepatan sampai dengan 70 Mbps, dilengkapi dengan HotClient 2100 sebagai CPE (customer premises equipment) yang terkoneksi di ujung pelanggan yang menggunakan.

Sistem buatan Firetide ini sedang digelar di sepanjang jalur busway Blok M-Kota, dan sebentar lagi akan tergelar ke seluruh kota Jakarta sebagai jejaring koneksi digital memberikan kemudahan lalu lintas multimedia, baik audio, video, maupun data kecepatan tinggi.

Konsep mesh network adalah jejaring LAN (local area network) menggunakan pengaturan koneksi, dengan setiap koneksi terhubung satu sama lain. Ketika lima titik perangkat Firetide ini akan dihubungkan dalam koneksi mesh network, yang terbentuk adalah sambungan koneksi berbentuk seperti bintang, dengan semua titik bertemu dan terkoneksi.

Gagasan menggunakan sistem mesh network buatan Firetide asal AS dimulai oleh PT iForte Solusi Infotek yang memperoleh lisensi penggelar kabel serat optik di berbagai koridor busway trayek bus transjakarta. Persoalannya, kabel serat optik ini akan menjadi besar biayanya ketika harus masuk ke gedung-gedung pelanggan dengan melintas di jalan raya.

Melalui mesh network, sejumlah wilayah Jakarta akan tersambung dalam payung jejaring digital, menghadirkan koneksi kecepatan tinggi secara nirkabel di mana saja. Sistem mesh network memungkinkan untuk menghadirkan berbagai fungsi jejaring digital serta menata fungsi routing tingkat tinggi sesuai dengan kebutuhan.

No comments: