Monday, April 28, 2008

Pavilion Slimline

Pavilion Slimline
Keindahan Penggunaan Komputer

Bagi perusahaan teknologi informasi seperti Hewlett Packard atau HP, untuk tetap tampil sebagai perusahaan global memang diperlukan kerja keras agar bisa menghadirkan berbagai komputer untuk konsumen. Produk dengan merek HP harus tetap berkualitas dan memiliki unsur estetika dalam desain untuk membedakan perusahaan ini dengan lainnya.

Persaingan menghadirkan perangkat komputer untuk konsumen sekarang menjadi semakin ketat karena sebagian besar konsumen dunia mulai memasuki sebuah era yang paling sulit menentukan pilihan produk teknologi komunikasi informasi mana yang cocok dan sesuai untuk mereka gunakan. Belum lagi persaingan untuk membawa perangkat komputer pada kisaran harga Rp 5 juta, menambah persoalan dalam memilih perangkat komputer yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Pilihan di kalangan konsumen adalah apakah memilih komputer desktop yang diletakkan di meja atau notebook yang bisa dibawa ke mana-mana untuk melakukan berbagai aktivitas digital. Selama ini komputer desktop dianggap memiliki ciri sendiri yang tidak dimiliki komputer notebook yang memiliki sifat mobilitasnya yang tinggi, tetapi memiliki keterbatasan perangkat keras yang tidak bisa ditambahkan atau diganti seperti pada komputer desktop.

Komputer desktop umumnya digemari anak muda karena keleluasaannya untuk menambah atau mengganti berbagai perangkat keras, khususnya keperluan permainan digital, memacu kemampuan komputer sampai batas maksimal melalui berbagai eksperimen penambahan tersebut. Di sisi lain, komputer desktop dianggap warisan sejarah teknologi komputer karena bentuknya yang besar empat persegi panjang, tidak memiliki estetika di tengah kemajuan teknologi komunikasi informasi.

Keindahan

Banyak perusahaan teknologi berupaya mengubah citra dan rasa kepemilikan terhadap komputer desktop ini, menyesuaikan selera konsumen tentang keindahan dalam memanfaatkan penggunaan teknologi komputer. Upaya ini dilakukan HP memperkenalkan produk komputer desktop terbarunya, HP Pavilion Slimline s3380d, sebagai terobosan baru mengubah tata wajah komputer desktop di tengah kehidupan digital konsumen.

Dari penyebutan namanya dalam seri Pavilion ini, HP ingin kembali memosisikan diri sebagai inovator teknologi informasi, menghadirkan komputer desktop yang ringkas, ringan, mudah digunakan, menarik secara estetika, dan memiliki beragam fitur teknologi terbaru yang sekarang tersedia. Pavilion Slimline memang seperti menjadi jawaban HP untuk berlomba dengan upaya meminiaturisasi komputer desktop yang dimulai para pesaingnya seperti Apple dengan produk Mac Mini atau Acer asal Taiwan yang memperkenalkan MiniPC.

Walaupun HP berupaya menghadirkan pilihan bagi konsumen menggunakan komputer desktop skala kecil, ada keunggulan yang dimiliki Pavilion Slimline yang tidak dimiliki produk sebelumnya. Produk terbaru buatan HP dengan penggunaan prosesor Core2Duo E4600 buatan Intel Corporation dengan kecepatan komputasi 2,4 GHz dan memiliki memori RAM sebesar 1 GB, dan kapasitas hard disk sebesar 300 GB, memasukkan catu daya listrik ke dalam Slimline, tidak terpisah menggunakan adaptor seperti pada produk Mac Mini atau MiniPC.

Upaya ini jelas menghemat tempat, apalagi Pavilion Slimline menggunakan koneksi nirkabel melalui dongle untuk menggunakan papan ketik dan mouse optik, menjadikan produk terbaru buatan HP ini menjadi sangat futuristik, ringkas, tidak melibatkan banyak kabel, dan memiliki fitur yang tidak terbatas.

Rancang papan ketik juga ringkas mengikuti desain Pavilion Slimline dengan berbagai tombol fungsi multimedia untuk mendengarkan musik, atau mengakses jaringan internet dalam satu tombol seperti membuka situs web atau mengakses e-mail. Dalam kategori Pavilion Slimline, HP juga menyediakan produk sejenis dengan menggunakan prosesor AMD seperti pada seri s3020n menggunakan prosesor Athlon 64 X2 3800.

Pertimbangan baterai

Pavilion Slimline memang dirancang untuk bisa memenuhi berbagai keinginan penggunanya, baik untuk pekerjaan bekerja melakukan tugas komputasi mengolah kata dan data, menjadi perangkat multimedia hiburan digital mendengarkan musik, maupun sebagai komputer pengolah foto yang dilengkapi rongga multimedia berbagai ukuran, seperti SD Card dan CF Card.

Kinerja yang dihasilkan produk terbaru buatan HP ini juga menyenangkan untuk dijadikan komputer untuk keperluan computer game karena Pavilion Slimline menggunakan perangkat antarmuka grafik buatan NVIDIA GeForce 7500 LE yang memadai untuk menjalankan berbagai aplikasi permainan digital yang mampu menampilkan gambar yang mendekati kenyataan dalam permainan tiga dimensi.

Yang perlu kita usulkan adalah para insinyur yang bekerja di Hewlett Packard mungkin perlu juga mempertimbangkan untuk menggunakan baterai ukuran besar pada produk Pavilion Slimline berikutnya. Dengan demikian, saat terjadi pemadaman listrik karena semakin mahalnya harga bahan bakar minyak, produk dengan desain futuristik ini bisa terus berfungsi memberikan kesempatan menyimpan pekerjaan serta melindungi berbagai perangkat lunak.

Yang juga perlu diperhatikan para konsumen adalah ternyata Hewlett Packard masih menjadi pelopor inovasi penting untuk menawarkan komputer desktop yang terjangkau dan menarik dibandingkan dengan komputer notebook yang gencar merebut pangsa pasar komputer desktop.

Bagaimanapun juga, Pavilion Slimline memiliki pilihan pengembangan dan penambahan yang lebih menarik ketimbang komputer notebook, terutama di tengah maraknya pertumbuhan industri multimedia dengan berbagai pilihan video dan musik digital.

1 comment: