Wednesday, April 16, 2008

Koneksi Nirkabel Perangkat UMPC

Bersatunya Koneksi Nirkabel Perangkat UMPC

Menggabungkan kemajuan teknologi komunikasi dan teknologi informasi menjadi produk yang kecil, mudah dibawa-bawa, serta bisa diandalkan memang tidak mudah. Kehadiran teknologi 3G (baca triji) termasuk turunannya 3,5G HSDPA yang dicangkokkan ke dalam komputer notebook menjadi tren penting karena mobilitas manusia semakin tinggi.

Salah satu upaya yang dilakukan Fujitsu dalam memperkenalkan dan meningkatkan mobilitas produk dalam kategori Ultra Mobile PC (UMPC) adalah menambah fitur koneksi kecepatan tinggi memanfaatkan teknologi seluler wireless broadband.

Fujitsu, perusahaan asal Jepang yang dikenal menghadirkan produk-produk notebook kecil yang inovatif, memperkenalkan seri LifeBook U1010 yang diperbarui dengan integrasi teknologi 3,5G dan HSDPA yang bisa meningkatkan koneksi sampai dengan 3,6 Mbps. Sebenarnya, seri ini sama dengan seri U1010 sebelumnya dengan beberapa perbedaan pada fitur teknologi 3,5G serta bentuknya yang sedikit berubah menampilkan dua sisi yang menonjol sebagai antena pada bagian monitor.

Selain itu, perbedaan dengan seri U1010 sebelumnya adalah tampilan warnanya. Seri U1010 tanpa 3,5G memiliki warna putih pada bagian penutup monitor. Sedangkan seri U1010 3,5G berwarna hitam, memberikan akses perbedaan bahwa perangkat ini adalah perangkat futuristik seperti pada film fiksi ilmiah, sci-fi.

Semua fitur koneksi nirkabel dimiliki oleh U1010 3,5G ini, termasuk akses nirkabel ke hotspot menggunakan teknologi 802.11a/b/g menggunakan cip Atheros Super AG untuk koneksi cepat ke hotspot. Menggunakan prosesor Intel A110 kecepatan 800 MHz dan memori 1 GB, U1010 3,5G juga dilengkapi dengan koneksi Bluetooth.

Karena banyaknya koneksi nirkabel pada komputer UMPC buatan Fujitsu ini, diperlukan tempat tambahan untuk memasang berbagai antena. Ini antara lain yang menjadikan produk Fujitsu U1010 3,5G memiliki bagian menonjol di sisi monitor, sebagai tempat berbagai antena agar bisa bekerja secara sempurna.

No comments: