Wednesday, April 16, 2008

Monitor Digital

Monitor Digital
Menikmati Kemajuan Teknologi LCD
Tanpa terasa, penggunaan monitor mulai bergeser ke penggunaan teknologi LCD (Liquid Crystal Display) menggantikan teknologi CRT (Cathode Ray Tube) yang sudah puluhan tahun melayani para pengguna komputer dalam melakukan berbagai aktivitas. Skala ekonomi produksi monitor menggunakan LCD pun sudah menjadi semakin murah sehingga terjangkau oleh kebanyakan orang.

Untuk penggunaan komputer, monitor LCD yang sekarang dianggap terjangkau dan banyak digunakan adalah berukuran 15 inci (diagonal 38 cm) sebagai langkah pertama mengganti monitor CRT yang selama ini digunakan. Ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan untuk berpindah menggunakan monitor LCD, terutama karena daya listrik yang digunakannya rendah dan hemat energi.

Pertimbangan lain adalah karena desainnya yang tipis berbeda dengan monitor CRT yang besar, monitor LCD menjadi lebih artistik di berbagai ruangan, di kantor ataupun rumah. Para pengguna komputer pun merasa menjadi bagian masa depan dengan desain monitor LCD yang futuristik.

Mereka yang sudah lama menggunakan monitor berukuran 15 inci juga mulai mempertimbangkan untuk menggunakan monitor LCD yang lebih besar berukuran 17 inci (diagonal 41,3 cm), karena penampang yang lebih lebar dan terasa sesuai di tengah ledakan informasi karena akses ke jaringan internet semakin cepat.

Ramah lingkungan

Belum lama ini, monitor LCD merek AOC yang diproduksi oleh TPV Technology Limited memperkenalkan monitor baru seri 716Vwy berukuran 17 inci berwarna hitam dengan akses garis pada bagian bawah. Monitor asal pabrikan milik orang Indonesia (baca juga Kompas 17/10/2005) yang berpusat di Provinsi Fujian, RRC, diharapkan menjadi monitor LCD yang menggantikan penggunaan monitor CRT yang sudah tidak ramah lingkungan karena tidak hemat energi.

Berbeda dengan monitor 17 inci pada umumnya, AOC 716Vwy ini menggunakan teknologi widescreen yang terasa lebih lebar. Dengan daya listrik 37 watt menggunakan teknologi TFT Active Matrix, produk buatan AOC ini memiliki rasio kontras 1500:1 yang cukup jelas dan jernih untuk digunakan siapa saja.

Dengan resolusi maksimum 1440 x 900 piksel, AOC 716Vwy memiliki dua rongga masukan yang terhubung ke rongga VGA komputer, masing-masing analog dan DVI-D untuk memberikan kualitas tayangan yang memuaskan para pengguna. Untuk kategori monitor LCD, AOC memiliki beberapa seri dengan yang terkecil berukuran 15 inci dan terbesar 22 inci pada seri 2217Pwc.

Monitor AOC 716Vwy juga sangat tipis sehingga memungkinkan ditempel di dinding untuk memberikan suasana futuristik di ruang penggunanya. Cahaya yang dihasilkan monitor buatan Provinsi Fujian ini terasa terlalu terang pada posisi normal sehingga perlu pengaturan yang memadai sesuai dengan kondisi ruang untuk menikmatinya. Namun, harganya yang terjangkau bisa dipastikan akan menarik minat orang-orang yang ingin menjadi bagian dari kemajuan teknologi LCD.


No comments: